RSS

Rabu, 28 November 2012

Permainan Khas Sunda

  • Congklak
Merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang anak. Permainan ini menggunakan perkakas yang disebut congkak (terbuat dari kayu,panjangnya 40 cm, lebarnya 15 cm, di atasnya ada lubang beberapa). Tiap lubang diisi biji-bijian yang kecil atau kewuk, banyaknya 7 biji. Cara bermainnya saling bergantian sampai biji-biji atau kewuk habis masuk ke lubang yang ditentukan.
  
  • Engkle
Engkle adalah permainan yang menggunakan batu genteng, bisa dimainkan secara perorangan ataupun kelompok. Cara bermainnya adalah membuat tanda di tanah ataupun tembok jalan (bisa menggunakan bata, kapur,dll). Permainan dengan cara engkle-engklean (kaki sebelah diangkat) sampai batas yang ditentukan, batu yang dilempar sebelumnya harus didorong oleh kaki.








 (Gambar permainan Engkle)


       Kesenian di atas adalah sebagian permainan khas Sunda yang harus kita lestarikan oleh generasi penerus kita. Agar supaya anak cucu kita masih mampu mengenal budaya nenek moyangnya. Bisa kita lihat anak-anak jaman sekarang yang kebanyakan tidak mengenal permainan-permainan tradisional seperti halnya permainan di atas bahkan mereka lebih banyak mengenal "playstation" . Maka dari itu perkenalkanlah anak sedini mungkin akan budaya-budaya yang telah pudar di masa modern ini.

0 Comments:

Post a Comment